Batuan Penyusun Kerak Bumi


Batuan merupakan agregasi (kumpulan) berbagi macam mineral hasil dari kristalisasi beberapa unsur yang terkandung dalam magma. Batuan di bumi dapat digolongkan menjadi tiga yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf.

1) Batuan beku

Batuan beku adalah batuan yang berasal dari magma yangmengalami pembekuan. Berdasarkan tempat pembekuannya, batuan beku dapat
digolongkan menjadi tiga, yaitu:

  1. Batuan beku dalam yaitu batuan yang membeku di dalam dapur magma dengan proses yang sangat lambat sehingga tubuh batuan terdiri dari kristal-kristal penuh. Contoh: batuan granit, batuan gabro, dan peridotit.
  2. Batuan beku gang yaitu batuan yang membeku di antara celah-celah lapisan kulit bumi. Contoh: granit porfir.
  3. Batuan beku luar yakni batuan yang membeku di luar kulit bumi, terjadi ketika gunung api meletus mengeluarkan lelehan magma.

2) Batuan sedimen atau batuan endapan

yaitu batuan yang terbentuk dari endapan bahan-bahan yang terbawa oleh angin atau air.

Batuan sedimen digolongkan menjadi tiga yaitu:

  1. Batuan sedimen klastika yaitu batuan sedimen yang terdiri dari klastika atau hancuran batuan yang mengendap secara mekanis, disebabkan oleh gaya beratnya sendiri. Contoh: breksi, konglomerat, batu pasir, batu lempung.
  2. Batuan sedimen kimia yaitu batuan yang mengendap karena adanya reaksi kimia, seperti evaporasi, presipitasi, dan konsentrasi. Contah: stalagtit, stalagmit.
  3. Batuan sedimen organik yaitu batuan yang berasal dari pengendapan jasad mahkluk hidup. Contoh: gamping.

3) Batuan metamorf

adalah batuan beku dan batuan sedimen yang berubah bentuk dan sifatnya karena adanya peningkatan suhu dan tekanan di dalam kerak bumi (bermetamorfosis).

Batuan metamorf dibedakan menjadi tiga:

  1. Metamorf thermal adalah batuan metamorf yang terbentuk karena pengaruh suhu dalam bumi. Contoh: batu gamping menjadi batu marmer.
  2. Metamorfosis dinamo yaitu batuan metamorf yang terbentuk karena adanya tekanan akibat dari adanya peristiwa tektonik dalam kulit bumi.
  3. Metamorfosis regional adalah metamorfosis yang melipuputi daerah yang sangat luas akibat tekanan kulit bumi dan panas dari dalam bumi.

One thought on “Batuan Penyusun Kerak Bumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s