Gempa Bumi


Gempa bumi adalah getaran pada kulit bumi yang disebabkan oleh peristiwa-peristiwa di dalam kulit bumi. Gempa tektonik disebabkan oleh patah atau bergesernya massa batuan. Gempa vulkanik disebabka oleh gerakan magma menuju ke permukaan bumi, serta gempa runtuhan yang disebabkan oleh runtuhan gua-gua kapur atau terowongan tambang.

Pusat timbulnya gerakan di dalam kerak bumi disebut hiposentrum, titik di atas  hiposentrum disebut episentrum. Dari episentrum, gelombang gempa merambat ke segala arah seperti gelombang kalau kita melempar batu ke kolam ikan.

Pusat-pusat gempa bumi berda pada daerah sekitar zona konvergen (daerah pertemuan dua lempeng), zona divergen (daerah pembelahan lempeng), dan juga pada daerah dengan patahan melintang (sesar geser). Daerah-daerah pusat gempa ini berada berdampingan dengan jalur gunung api dunia, serta pada lipatan jalur pegunungan baik sirkum pasifik maupun mediterania.

Menurut Hamblin, berdasarkan kedalaman hiposentrumnya gempa dapat dibedakan:

1) Gempa bumi dangkal dengan kedalaman hiposentrum < 70 km.

2) Gempa bumi sedang dengan kedalaman hiposentrum antara    70-300km.

3) Gempa bumi dalam dengan kedalaman hiposentrum 300-700 km.

Pada saat terjadi gempa, kekuatan gempa dapat diketahui dengan alat seismograf. Daerah-daerah yang mengalami getaran sama kuat, di dalam peta akan dihubungkan dengan garis isoseismik/isoseista yang bentuknya melingkari episentrum. Daerah sekitar episentrum yang mengalami kerusakan paling parah disebut pleistoseista.

Berdasarkan arahnya gelombang, gelombang gempa dapat dibedakan menjadi tiga yaitu gelombang transversal, gelombang longitudinal, dan gelombang permukaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s