Sikap-sikap Khusus dari KD pada KI-1 dan KI-2 Mata Pelajaran


No. Mata Pelajaran Butir-butir Nilai Sikap dalam Mata Pelajaran
Spiritual Sosial
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  1. Sikap-sikap spiritual di sini dapat diambilkan dari KD-KD yang ada di mata pelajaran Pendidikan Agama (Islam. Kristen, dll.).
  2. Misalnya dalam Islam: beriman kepada Allah, menunaikan shalat wajib, dst.; dalam Kristen: menerima hanya Allah yang dapat mengampuni, menghayati nilai-nilai Kristiani, dst.; dll.
  3. Sikap-sikap sosial dapat diambilkan dari KD-KD yang ada di mata pelajaran Pendidikan Agama (Islam. Kristen, dll.).
  4. Misalnya dalam Islam: hormat dan patuh pada orang tua, ikhlas, sabar, dan pemaaf, dst.; dalam Kristen: bersedia mengampuni orang lain, rendah hati, dst.
2. Pendididikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  1. Menghargai perilaku beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di: sekolah, masyarakat, bangsa, negara, dan pergaulan antarbangsa.
  2. Taat norma dan hukum (disiplin)
  3. Sikap-sikap sesuai nilai-nilai Pancasila
  4. Semangat kebangsaan dan kebernegaraan
  5. Persatuan dan kesatuan
  6. Kebersamaan (peduli, toleransi)
  7. Semangat Sumpah Pemuda
3. Bahasa Indonesia
  1. Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan untuk mempersatukan bangsa Indonesia dan untuk memahami serta menyajikan informasi lisan dan tulis.
  2. Kreatif
  3. Cinta tanah air
  4. Semangat kebangsaan
  5. Demokratis
  6. Semangat ilmiah
4. Matematika
  1. Menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Logis
  3. Kritis
  4. Analitik
  5. Konsisten
  6. Ketelitian
  7. Responsif
  8. Tidak mudah menyerah
  9. Rasa ingin tahu
  10. Objektif
  11. Terbuka
5. Ilmu Pengetahuan Alam
  1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
  2. Rasa ingin tahu
  3. Objektif
  4. Teliti
  5. Cermat
  6. Tekun
  7. Hati-hati
  8. Terbuka
  9. Kritis
  10. Kreatif
  11. Inovatif
  12. Bijaksana
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
  1. Menghargai karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu, manusia, dan lingkungannya.
  2. Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia.
  3. Rasa ingin tahu
  4. Terbuka
  5. Kritis
  6. Menghargai pendapat
  7. Cinta tanah air
7. Bahasa Inggris
  1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional.
  2. Cinta damai
8. Seni Budaya
  1. Bersyukur kepada Tuhan dengan menerima, menanggapi, dan menghargai keragaman dan keunikan karya seni rupa.
  2. Motivasi internal
  3. Peduli lingkungan dalam berkarya seni
9. Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
  1. Pembiasaan perilaku berdoa.
  2. Selalu berusaha secara maksimal.
  3. Tawakal dengan hasil akhir.
  4. Membiasakan berperilaku baik dalam berolahraga dan latihan.
  5. Sportif
  6. Menghargai perbedaan
  7. Menerima kekalahan dan kemenangan
  8. Berperilaku hidup sehat
10. Prakarya
  1. Menghargai keberagaman produk kerajinan sebagai anugerah Tuhan

 

  1. Rasa ingin tahu
  2. Ketelitian
  3. Kerapian

Sumber:

PANDUAN PENILAIAN
PENCAPAIAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR

DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s